FORGOT YOUR DETAILS?

5 Tips Merawat Tanaman dalam Ruangan Tetap Sehat

by / Friday, 03 August 2018 / Published in tips


 
Tanaman yang hidup di dalam rumah kita sudah sepatutnya mendapatkan perawatan khusus. Mereka butuh air dan pupuk sebagai nutrisi untuk hidup. Demikian halnya cahaya matahari.
 
Berikut 5 tips untuk menjaga tanaman untuk tetap hidup, meski berada di dalam rumah.
 
1. Packing Peanuts
 
Tanah di dalam pot membutuhkan sistem drainase yang tepat agar akar tanaman tidak tenggelam atau membusuk. Karena itu, Anda bisa menambahkan packing peanuts untuk menciptakan sistem drainase yang lebih baik.
 
Pertama-tama, masukkan packing peanuts hingga separuh pot, setelah itu baru masukkan tanaman beserta tanah. Selain memangkas berat pot, ini juga akan memberikan drainase yang lebih baik.
 
2. Cangkang telur
 
Anda tidak perlu menggunakan pupuk dalam jumlah banyak untuk memberikan nutrisi yang cukup pada tanaman. Gunakan cangkang telur bekas sebagai pengganti pupuk. Cangkang telur dapat menjadi sumber kalsium dan kalium bagi tanaman Anda sekaligus.
 
3. Pangkas secukupnya
 
Sama seperti Anda, tanaman juga perlu dipangkas agar tetap dapat tumbuh dengan sehat.
 
4. Berikan takaran air dan cahaya yang tepat
 
Anda mungkin berpikir telah menjadi pemilik yang hebat dengan menyiram tanaman setiap hari. Namun, Anda akan merasa bingung ketika daun tanaman mulai menguning dan layu dua minggu kemudian.
 
Kesalahan yang terbesar yang Anda lakukan yaitu tidak mengetahui karakteristik tanaman yang dipelihara. Setiap tanaman membutuhkan air dan sinar matahari yang cukup.
 
Beberapa mungkin lebih membutuhkan cahaya lebih banyak, beberapa yang lain membutuhkan air lebih banyak. Karena itu, pelajari tanaman yang dipelihara sebelum Anda membelinya.
 
5. Filter kopi
 
Kertas penyaring atau filter kopi dapat berfungsi untuk menjaga tanah tetap di tempatnya, sehingga ketika Anda menyiram dengan air, air tersebut dapat mengalir melalui filter itu.

TOP
error: Content is protected !!