FORGOT YOUR DETAILS?

Jangan Sembarangan Membuat Kolam Ikan Koi

by / Monday, 29 June 2015 / Published in tips

Seorang klien tamanmurah.net mengeluhkan kolam ikan koinya yang jadi comberan karena kotor, keruh kehijauan dan kadang bau tidak enak menyeruak dari air kolamnya. Padahal si klien ini membuat kolamnya di halaman depan rumahnya dengan harapan bisa menjadi pemandangan yang bagus bagi tamu-tamu yang datang.

“Sebulan pertama air jernih sehingga koi saya keliatan. Bulan berikutnya jadi seperti ini”, jelasnya sambil menunjukkan kolamnya. Sesekali beberapa kepala koi menyembul dari air. Setelah itu menghilang di dalam air keruh kehijauan pekat.

Masalah yang sama mungkin dialami oleh pemelihara ikan koi yang lain. Air keruh, kehijauan, dan bau tak sedap. Hal ini terutama terjadi pada kolam koi yang kena matahari langsung (direct expose).

Secara sederhana, penyebab air kolam koi jadi pekat dan keruh kehijauan adalah alga hijau berukuran mikro yang jumlahnya sangat banyak. Pertumbuhan alga hijau ini menjadi tak terkontrol manakala sinar matahari menyinari langsung sehingga proses fotosintesis alga semakin cepat. Ditambah lagi dengan amoniak yang berasal dari kotoran ikan dan sisa pakan koi yang tidak habis dimakan ikan.

Kesalahan para pemilik taman yang pertama kali akan membuat kolam taman biasanya hanya mempertimbangkan faktor estetika taman dan bentuk kolam. Keinginan pemilik taman terhadap bentuk taman dan kolam diterjemahkan oleh tukang taman menjadi sebuah taman sesuai keinginan pemilik. Dan kebanyakan tukang taman lupa menanyakan ke pemilik apakah kolamnya itu hanya akan diisi air saja dan air terjunnya hanya sebagai pemanis estetika taman, atau nantinya akan diisi ikan khususnya ikan koi.

Dalam kasus ini, pemilik taman meminta tamanmurah.net untuk membuat kolam koinya jadi jernih tanpa melakukan perubahan besar pada bentuk kolamnya yang ada saat ini.

Tim tamanmurah,net kemudian melakukan analisa terhadap bentuk kolam dan membuat desain bak (chamber) untuk filtrasi serta aliran sirkulasi air kolam. Setelah disetujui pemilik, tim tamanmurah.net melakukan perbaikan sistem. Perbaikan memakan waktu sekitar 1,5 minggu. Dan hasilnya kini air kolam jernih, sirkulasi air sehat, dan keindahan ikan koipun dapat dinikmati pemilik.

Anda mengalami hal yang sama? Segera hubungi kami

 

 

 

Tagged under:

Leave a Reply

TOP
error: Content is protected !!