FORGOT YOUR DETAILS?

Sikas, Tanaman Hias Purba nan Eksotis yang Gampang-gampang Susah

by / Sunday, 12 August 2018 / Published in tips

Siapa yang tak kenal tanaman sikas. Sikas yang terkenal di kalangan penjual tanaman dengan sebutan palem mawar jambe ini adalah tanaman favorit untuk menghias taman karena bentuknya yang unik dan mampu mengubah suasana taman yang sebelumnya biasa menjadi tampak mewah dan mahal.

Kesan mahal dan eksotis tanaman ini semakin muncul bila diameter batangnya besar dan tinggi. Kesan purba tampak dari daunnya yang keras dan runcing serta tampilan batangnya. Elegan.

Sikas yang sudah jadi dengan dengan lingkar batang 50-60 cm, pada saat tulisan ini dibuat, harganya mencapai Rp 4,5 juta.

Sikas

Sikas yang termasuk termasuk keluarga palem-paleman (Familia Cycadeceae) mudah dijumpai di taman-taman hias. Sikas yang sehat adalah yang daunnya hijau segar, daunnya tidak cacat dan tumbuh merata ke semua arah dengan sempurna.

Namun demikian, di lapangan TamanMurah.net banyak menjumpai dan diminta membantu merawat sikas yang tumbuh tak sehat. Dan yang paling banyak dijumpai adalah serangan kutu putih. Kutu putih menyerang daun dan pangkal daun sehingga menyebabnya daun rontok dan bahkan tidak tumbuh tunas daun baru.

Sikas sakit


Sikas yang sakit parah karena terserang kutu putih daunnnya tidak tumbuh. Kalaupun ada tunas daun baru, tidak akan bertahan lama. Keadaannya tampak merana seperti seonggok batang kayu mati.

Meskipun tinggal batang seperti kayu mati, tanaman sikas tidak mati. Ia akan menumbuhkan tunas baru apabila keadaan dan lingkungannya mendukung. Daya tahan sikas yang luar biasa ini yang menyebabkan ia menjadi salah satu  tanaman purba yang hidup hingga hari ini.

Di lingkungan taman yang sehat dan tidak ada bibit kutu putih dan ulat daun, sikas bisa tumbuh sempurna tanpa perawatan ekstra. Gampang.

Namun di lingkungan taman yang sudah ada bibit kutu putih dan ulat daun, penanganan sikas menjadi sulit dan menantang.

Daun sikas rontok diserang hama

Kutu putih dan ulat adalah jenis hama yang sangat bandel.  Pada kasus yang ekstrim kutu putih masuk ke sela-sela pangkal daun sehingga menjadi sulit dibersihkan.

Bagaimana cara menghilangkan hama ini?

Pada kasus seperti dalam foto ini, penanganan pertama dan sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuang kutu hingga hilang sama sekali. Caranya dengan menyikatnya menggunakan sikat gigi bekas. Campurkan air secukupnya dengan sabun cuci piring atau sabun colek. Lalu sikat dengan teliti dan hati-hati batang dan pangkal daun hingga seluruh kutu yang menempel lenyap. Lakukan ini setiap hari hingga yakin tidak ada lagi bibit kutu putih.

Pada kasus kutu putih menempel di daun (bagian atas dan bawah daun) dan sulit dibersihkan dengan sikat, cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penyemprotan dengan anti hama. Anti hama yang dapat digunakan adalah :

  • Curachon
  • Antracon

Gunakan anti hama di atas sesuai petuntuk. Selamat mencoba!

Leave a Reply

TOP
error: Content is protected !!