FORGOT YOUR DETAILS?

Tips Menjaga Agar Taman Tetap Indah Terawat, Murah Kok

by / Thursday, 03 March 2016 / Published in tips

Dalam perjalanan kami lebih dari 15 tahun di dunia pertamanan, bertemu ratusan klien dan membantu mereka mencarikan solusi terkait taman, tak jarang kami menemukan kasus taman yang sebenarnya sangat bagus namun sayangnya tak terawat.

Umumnya, pemilik rumah di awal-awal menempati rumahnya ingin semuanya perfect, sempurna. Mulai dari keramik lantai, keramik dan perabotan kamar mandi, cat rumah, genteng, gorden, perlengkapan dapur, perlengkapan elektronik hingga taman di halaman ingin semuanya komplit, plit. Saat membuat taman, karena ingin yang bagus, owner (pemilik rumah) menggunakan jasa pembuatan taman dengan biaya yang tak murah. Kisaran biayanya mulai dari di bawah 10 juta hingga ratusan juga. Taman indah pun siap dinikmati.

Karakter mayoritas pemilik taman sama dengan mayoritas karakter Indonesia pada umumnya: Bisa buat, ngga bisa merawat. Ini sangat sering kami jumpai di lapangan. Kami pernah diminta memperbaiki taman milik salah satu klien kami yang pernah kami buat beberapa tahun sebelumnya. Saat kami berkunjung, keadaan memprihatinkan. Taman yang pada awal pembuatannya sangat asri kini tampak suram. Ornamen dinding taman buatan, catnya sudah memudar. Jika dulu saat dibuat benar-benar terlihat seperti batu, karena catnya memudar jadi seperti gundukan batu semen. Warnanya seperti warna semen.

Pohon lidah buaya yang dulunya indah mungil, kini jadi sebesar buaya beneran. Besarnya tidak terkontrol sehingga tidak serasi lagi dengan sekitarnya. Pucuk merah jadi membesar tidak karuan sehingga tidak proporsional lagi dengan tanaman lainnya. Begitu juga dengan pandan bali dan cemaranya. Beberapa tanaman rumpun botak, tidak bisa menutupi area yang seharusnya tertutup oleh daun-daunnya.

Taman dibuat dalam kondisi ideal. Besarnya tanaman yang dipilih oleh tukang taman saat pembuatan dipilih yang besar dan tingginya serasi membentuk sebuah lansekap indah. Cat-cat batu buatan juga pasti kinclong karena baru.

Berikut tips menjaga taman Anda tetap indah:

  1. Fotolah taman Anda saat BARU JADI dan SETELAH 3 MINGGU. Tujuannya agar Anda punya foto pembanding kelak jika taman Anda sudah berusia agak lama. Selain foto saat taman baru dibuat, foto di usia taman 3 minggu juga diperlukan karena di atas 3 minggu, rumput dan tanaman semak serta rambat agak mulai rapat sehingga hasilnya akan sangat bagus.
  2. Sempatkan setiap hari melakukan pemangkasan secara bergilir ranting maupun dahan tanaman yang sudah tumbuh liar. Setiap hari pangkas tanaman yang berbeda. Nikmati kegiatan ini sebagai bagian dari refreshing Anda.
  3. Lakukan penggemburan tanah di sekitar tanaman secara rutin. Penggemburan diperlukan agar akar tanaman bisa bernafas, tidak terperangkap tanah yang liat dan tak tembus air. Campur atau ganti tanah di sekitar akar dengan media tanam atau humus.
  4. Lakukan pemupukan tanaman 2 minggu atau 1 bulan sekali. Pupuk dan obat bisa dibeli di toko tanaman.
  5. Bila taman Anda ada ornamen atau batu buatan yang dicat, lakukan cat ulang minimal 3 tahun sekali atau kurang.
  6. Jika ada tanaman yang besar dan ukurannya kelewat besar dan tidak serasi lagi lagi, gantilah tanaman dengan ukuran yang lebih kecil. Beberapa penjual tanaman bersedia tukar tambah.
  7. Lewat dari 1 tahun, bandingkan foto taman Anda di poin no 1 dengan keadaan taman Anda sekarang. Jadikan foto tersebut sebagai acuan.

Bila Anda tak punya waktu untuk melakukan semua langkah di atas namun menginginkan taman Anda tetap indah, jangan segan untuk menghubungi kami. Kami sediakan paket murah mulai Rp 175rb per perawatan!

 

Tagged under: ,

Leave a Reply

TOP
error: Content is protected !!