FORGOT YOUR DETAILS?

Tips Merawat Taman Tetap Indah di Musim Kemarau

by / Sunday, 05 August 2018 / Published in tips


Di sebagian besar wilayah Indonesia di bulan-bulan ini telah memasuki bulan puncak kemarau. Ditandai dengan tidak turunnya hujan lebih dari 1 bulan. Kalaupun hijau biasanya hanya gerimis di malam hari.

Bagi pemilik taman yang halamannya cukup luas dan tempatnya terbuka, ini menjadi bulan yang butuh perhatian ekstra. Betapa tidak. Di musim hujan, air berlimpah dari langit menyirami seluruh tanaman. Gratis. Pemilik taman hanya perlu melakukan pemangkasan (pruning) agar bentuk tanaman hiasa terkontrol dan tampak indah dipandang. Sesekali melakukan pemupukan sekaligus penggemburan tanah dan pembersihan gulma. Gulma adalah tanaman ‘pengganggu’ yang tidak diharapkan tumbuh karena merusak estetika taman dan merebut jatah nutrisi.

Di musim kemarau, yang perlu mendapat perhatian adalah kebutuhan utama tanaman yaitu air. Air adalah nyawa karena menjadi zat pelarut yang membawa makanan dan nutrisi bagi tanaman dari tanah.

Berikut beberapa tips merawat tanaman hiasa dan taman di musim kemarau:

1. Lakukan penyiraman 2 hari sekali.
Tanaman hias tidak akan mati meski tidak disiram setiap hari. Tips ini khususnya bagi taman di komplek perumahan yang biasanya menggunakan air PAM untuk menyiram. Menyiram tiap hari tentunya boleh. Namun Anda perlu berhitung berapa tagihan air PAM yang harus Anda bayar.

2. Lakukan penyiraman di pagi hari sebelum jam 7 pagi.
Pagi hari adalah waktu ideal untuk menyiram tanaman. Selain karena pagi adalah waktu luang yang kita miliki sebelum beraktivitas, udara masih sejuk dan matahari belum terik. Air yang kita siram ke tanah tidak lekas menguap percuma karena panas. Air menjadi optimal digunakan oleh tanaman.

3. Lakukan pemangkasan seperlunya.
Meskipun pertumbuhan tanaman tidak secepat di saat musim hujan, pemamgkasan (pruning) tetap diperlukan.

4. Lakukan penggemburan tanah.
Biasanya di musim kemarau tanah menjadi sangat keras dan kering. Beberapa jenis tanaman butuh tanah yang gembur agar akarnya bisa bernafas. Lakukan penggemburan sekaligus pemupukan secukupnya.

Selamat merawat taman !

Leave a Reply

TOP
error: Content is protected !!